Paku_Perfect_Comp2

Paku 101 : Cara Merawat Paku

Karat adalah salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada semua produk besi, tak terkecuali paku. Karat dapat terjadi akibat adanya udara lembab yang menyebabkan paku berubah warna dan juga berubah tekstur. Paku yang berkarat bisa membuat bangunanmu rusak, penampilannya buruk, dan bahkan dapat melukai dirimu. Tips di bawah ini bisa kamu lakukan untuk merawat paku agar usianya makin panjang dan tentu saja tak cepat karat.

  • Lapis, lapis dan lapis

Lapisi pakumu dengan cairan logam atau non logam, cairan ini dapat melindungi paku dan juga memperpanjang usia paku. Selain melindungi paku, lapisan ini dapat memperkuat pakumu juga loh.  Untuk melapisi paku, kamu bisa gunakan cairan seperti oli, timah, atau tembaga.

  • Simpan pakumu dengan baik

Cara kedua adalah simpan paku dengan baik melalui cara ini. Jangan sampai paku terpapar dengan oksigen dan udara terlalu ekstrim seperti terlalu panas atau juga terlalu dingin. Oksigen dan udara  yang ekstrim ini dapat mempercepat proses korosi pada paku. Jadi simpanlah pakumu di ruangan udara kedap udara dan di udara yang stabil dan juga tidak ekstrim.

Dua cara perawatan ini bisa kamu lakukan agar usia pakumu semakin panjang dan tidak cepat karat. Tentu saja perawatan berkala tetap dibutuhkan. Karat memang tidak bisa dihindari tapi kamu bisa memperlambat proses korosi agar kamu tetap bisa menggunakan pakumu untuk jangka waktu yang lebih lama.

Bagikan Artikel ini ke Media Sosialmu

Kontak Kami

Gold Coast Office Tower Unit 15C, Jl. Pantai Indah Kapuk RT/8/RW1, Kel. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

(021) 50106659