nail-4061999_1920

Paku 101 : Karat pada Paku

Karat adalah musuh terbesar bagi seluruh produk besi termasuk berbagai jenis paku. Mulai dari paku beton sampai paku kayu. Selain dapat mengubah  penampilan paku  dan bangunan menjadi tidak bersinar, karat pada paku juga  dapat  menyebabkan kerusakan pada bangunan apabila dibiarkan terlalu lama. Di samping kedua alasan tersebut, paku yang berkarat juga dapat meningkatkan resiko keamanan dan tentu saja dapat meningkatkan biaya perawatan bangunan yang jumlahnya tidak sedikit.

Apa yang menyebabkan karat pada paku?

Karat dapat terjadi karena paku terekspos oleh udara lembab. Karat pada paku tidak hanya terjadi pada bagian kepala paku yang terlihat oleh mata, tapi juga dapat terjadi pada bagian badan paku. Selain itu, teknik pemasangan yang buruk seperti pemasangan yang terlalu rapat, terlalu renggang, atau pecah dapat memengaruhi usia ketahanan paku.

Cara Memperlambat Karat pada Paku

Proses karat pada paku memang proses alami yang tidak bisa dihindari, tapi bisa diperlambat dengan beberapa cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Untuk memperlambat proses karat, dapat melakukan polish ataupun melindungi paku dari udara lembab. Pengecatan pada permukaan paku juga dapat menjadi salah satu cara untuk memperlambat proses karat pada paku.

Cara lainnya  adalah menggunakan paku berkualitas baik yang tentu saja telah menggunakan teknologi terbaik untuk memperlambat proses karat dalam pembuatannya seperti paku TOKKA. Paku TOKKA telah menggunakan teknologi khusus yang membuat paku mengkilap dan memperpanjang usia paku.

Bagikan Artikel ini ke Media Sosialmu

Kontak Kami

Gold Coast Office Tower Unit 15C, Jl. Pantai Indah Kapuk RT/8/RW1, Kel. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

(021) 50106659