WhatsApp Image 2021-08-10 at 11.07.56

Rayap pada Kayu

Rayap kayu adalah pembunuh berdarah dingin yang dapat merusak kayu dan juga bangunan. Rayap bersembunyi di bagian terdalam kayu yang membuat sulit terjangkau dari proses pembersihan. Rayap merupakan hama yang termasuk dalam detrivitora dimana rayap kayu dapat memakan tanaman mati dan kayu. Rayap bekerja dengan senyap dan baru diketahui oleh manusia ketika kayu telah lapuk atau telah memiliki kerusakan yang cukup tinggi, sehingga ketika serangan rayap terjadi, sulit untuk membasmi dan memperbaiki kayu yang sudah rusak.

Rayap kayu memiliki struktur tubuh yang mendukungnya untuk mampu memakan kayu. Rayap memiliki mulut yang mampu untuk memotong potongan- potongan besar kayu. Selain itu, untuk bertahan hidup dan berkembang biak, rayap mengkonsumsi selulosa yang ada pada material kayu. Rayap juga memiliki enzim selulase yang dapat mencerna selulosa yang ada pada kayu, enzim ini dihasilkan oleh protozoa dan juga bakteri pada yang terdapat pada saluran pencernaan rayap. Rayap memang sulit ditaklukkan tapi tetap bisa diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut, seperti

Pastikan ruangan cukup ventilasi

Ruangan yang lembab dan tanpa ventilasi adalah tempat- tempat favorit rayap untuk berkembang biak. Untuk mengatasi masalah rayap, lakukan dengan cara membuat ventilasi. Ventilasi yang baik membuat sinar matahari masuk dan membuat kayu semakin kering. Selain itu untuk mengatasi masalah rayap, dapat dilakukan untuk menjemur  kayu agar tetap kering.

Menggunakan kapur barus

Kapur barus mengandung naftalena yang memiliki bau yang tidak disukai oleh rayap. Sehingga dengan mengaplikasikan kapur barus dengan kapur barus dapat menjauhkan rayap dari kapur barus. Kapur barus dapat diletakkan di sekitar perabotan atau furniture kayu.

Menghindari kontak kayu dengan tanah

Tanah menjadi salah satu habitat yang disenangi oleh rayap, dan menjadi media perantara kayu dengan rayap yang tinggal di dalam tanah dapat berpindah ke kayu yang ada di rumah. Dengan menghindari kontak kayu dengan tanah dapat mencegah serangan rayap. Apabila sudah terjadi kontak dengan tanah, segera bersihkan dan keringkan.

Bagikan Artikel ini ke Media Sosialmu

Kontak Kami

Gold Coast Office Tower Unit 15C, Jl. Pantai Indah Kapuk RT/8/RW1, Kel. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

(021) 50106659