WhatsApp Image 2021-07-09 at 17.44.47

Paku dan Sekrup Apa Bedanya ?

Sekrup dan paku punya fungsi yang hampir mirip. Fungsi keduanya sama-sama menyatukan dua komponen yang sama. Walaupun punya fungsi yang sama, namun ada perbedaan- perbedaan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk Sobat Tokka.

Struktur tubuh

Struktur tubuh dari paku dan sekrup sangat berbeda loh. Sekrup memiliki ulir di sepanjang batangnya sedangkan paku hanya memiliki guratan di bagian leher dan ujung paku yang tajam. Kemudian badan paku juga lebih halus dibandingkan dengan sekrup. Kepala paku juga memiliki guratan- guratan dan cenderung memiliki kepala yang tipis. Berbeda dengan kepala sekrup yang cenderung lebih tebal dan memiliki lubang untuk pengaplikasiannya.

Penggunaan

Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama, cara untuk mengaplikasikan pun berbeda. Sebelum memasang sekrup, komponen harus dilubangi menggunakan bor. Kemudian sekrup dipasang. Berbeda dengan paku, sobat Tokka dapat langsung mengaplikasikan paku menggunakan palu tanpa harus melubangi komponen yang akan dipaku.

Kapan harus menggunakan sekrup dan paku?

Paku lebih disukai untuk menyatukan dua komponen sekaligus karena sifatnya fleksibel dan mudah untuk digunakan. Selain itu, paku juga memiliki ujung yang lebih tipis dan juga tajam sehingga memudahkan untuk pengaplikasiannya. Sedangkan sekrup yang strukturnya lebih kaku dan membutuhkan “usaha” untuk digunakan ternyata lebih disukai untuk digunakan dalam jangka pendek karena sifatnya yang mudah mengikat. Dibandingkan dengan paku, sekrup juga mudah untuk dilepaskan dibandingkan paku yang sulit dilepaskan dan juga dapat merusak struktur komponen bangunan.

Sudah tahu perbedaannya dan sudah yakin bagaimana pemakaiannya?

Bagikan Artikel ini ke Media Sosialmu

Kontak Kami

Gold Coast Office Tower Unit 15C, Jl. Pantai Indah Kapuk RT/8/RW1, Kel. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

(021) 50106659